Thank's For Your Visitor to Libas76ku.blogspot.com

Senin, 14 Juni 2010

PENGERTIAN KARAKTERISTIK JASA

Pengertian dan definisi jasa telah saya tuliskan pada postingan sebelumnya kalau masih kurang paham silahkan kilik disini dalam postingan kali ini saya akan menuliskan karakteristik jasa, yang akan memperjelas perbedaan definisi dengan pengertian barang, yaitu :
1. Jasa bersifat intangibel 
Jasa berbeda dengan barang, barang merupakan objek, alat atau benda; sedangkan jasa merupakan sesuatu perbuatan kinerja (ferformance), atau usaha. Dengan kata lain barang bisa kita miliki, sedangkan jasa hanya bisa dikonsumsi tetapi tidak dapat dimiliki. Meskipun kita mengetahui bahwa jasa sebagian besar berkaitan dan di dukung oleh produk fisik, misalnya handphone (jasa telekomunikasi) ataupu jasa-jasa yang lainnya yang erat kaitannya dengan fisik (..) 
2. Jasa bersifat Inseparability
Barang biasanya diproduksi terlebih dahulu kemudian setelah diproduksi baru dijual, lalu dikonsumsi. Sedangkan jasa dilain pihak, pada umumnya dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan selanjunya dikonsumsi secra bersamaan.
3. Jasa bersifat Variability
Jasa sangat variabel hal ini dikarenakan jasa bersifat non-standarized output, artinya jasa banyak variasi, bentuk, kualitas dan jenis, hal ini tergantung pada siapa, kapan dan dimana jasa tersebut dihasilkan.
4. Jasa bersifat Perishability
Jasa merupakan komoditas yang bersifat tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan, misalnya kita ambil contoh : bangku kosong pada sebuah kereta api tidak dapat disimpan untuk dipergunakan di lain waktu.(libas76ku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar