Thank's For Your Visitor to Libas76ku.blogspot.com

Minggu, 13 Juni 2010

PENGERTIAN JASA

Sering kita mendengar kata jasa, akan tetapi terkadang kita tidak paham sebenarnya apa yang dimaksud jasa itu sendiri? seiring perjalanan waktu para ahli terus merumuskan tentang pengertian jasa agar dapat dicapai pengertian yang bersifat konklusif, akan tetapi hingga saat ini definisi jasa secara konklusif belum dapat diterima secara bulat.

berikut akan saya kutip beberapa pengertian jasa yang di rumuskan oleh para ahli :
  1. Menurut Kotler (1997, 476) Jasa adalah : Setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.
  2. Menurut Leonard L, Berry, sebagaimana yang diikuti oleh Zeithaml dan Bitner (1996,5) definisi jasa dalah: Jasa itu sebaga deeds (tindakan, prosedur, aktivitas); proses-proses dan unjuk kerja yang intangibel;
  3. Menurut Kotler, Adrian Payne (1993,6) Jasa adalah Aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, dan tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan dalam kondisi bisa saja muncul dan produksi atau jasa bisa saja atau bisa juga tidak mempunyai kaitan-kaitan dengan produk fisik.
  4. Menurut R.G Mudrick, dkk (1990, 4) melihat jasa dan meng-interpretasikan dari sisi penjualn dan konsumsi secra kontras dengan barang yaitu Jasa adalah intangibel (seperti kenyamanan, hiburan, kecepatan, kesenangan, dan kesehatan) dan preshable (jasa tidak mungkin disimpan sebagai persediaan yang siap untuk dijual atau dikonsumsi pada saat diperlakukan). jasa dikonsumsi secara simultan. sedangkan pengertian barang atau kebalikan dari jasa menurut beliau adalah obyek yang tangibel yang dapat diciptakan dan dijual atau digunakan setelah selang waktu tertentu.
Hanya sedikit clue..disini ada perbedaan yang sangat kontras antara barang dan jasa, yaitu kalau jasa bersifat intangible sedangakan barang bersifat tangible, dua hal yang bertolak belakang dan berlainan karakter.
Definisi dan pengertian yang disampaikan oleh para ahli di atas kelihatannya sangat simpel dan sederhana, namun perlu diingat kita tidak bisa melihat batas-batas antara produk berupa barang dan produk berupa jasa secara jelas. Akan tetapi untuk memberikan batasan dan agar pengertiannya jasa dapat dipahami dan dicerna secara jelas Zeithaml dan Bitner (1996, 5) merangkum pengertian-pngertian jasa dalam sebuah definisi yaitu :"Mencakup semua aktivitas ekonomi yang outputnya bukanlah produk atau konstruksi fisik, yang secara umum dikonsumsi dan diproduksinya dilakukan pada waktu yang sama, dan nilai tambah yang diberikannya dalam bentuk (kenyamanan, liburan, kecepatan dan kesehatan) yang secara prinsip intangibel bagi pembeli pertamanya.
Dari semua pengertian di atas yang saya kutip mungkin masih banyak definisi yang dikemukakan oleh para para ahli...mungkin pada lain kali saya tambahkan pengertian menurut para ahli yang lainnya....(libas76ku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar