Thank's For Your Visitor to Libas76ku.blogspot.com

Sabtu, 29 Mei 2010

Definisi dan Pengertian Manajemen

Manajemen beraasal dari kata to manage yang artinya mengatur. pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen itu. Jadi manajemen itu suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan

Definis Manajemen
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencpai suatu tujuan tertentu (Malayu : 1996)

Management is getting thing done through people (Koontz dan O'Donnel)

Management is distinct process consisting of planning, organizing, actuating and controlling performed to determine and accomplish stated objectivies by the use of human being and other resource (Terry)

Apabila diterjemahkan maka pengertian manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan yang dilakukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Pengertian dan fungsi masing-masing proses tersebut adalah :
  1. Perencanaan; berarti bahwa para manajer memikirkan kegiatan-kegiatan mereka sebelum dilaksanakan. Berbagai kegiatan ini biasanya didasarkan pada berbagai metoda, rencana atau logika, bukan hanya atas dasar dugaan atau firasat.
  2. Pengorganisasian; berarti bahwa para manajer mengkoordinasikan sumber daya manusia dan material organisasi. Kekuatan suatu organisasin terletak pada kemampuannya untuk menyusun berbagai sumber dayanya dalam mencapai tujuan. Semakin terkoordinasi dan terintegrasi kerja organisasi, semakin efektif pencapaian tujuan-tujuan organisasi. Dengan kata lain pengorganisasian merupakan bagian yang vital pekerjaan seorang manajer.
  3. Pengarahan; berarti bahwa para manjer mengarahkan, eminpin dan mempengaruhi para bawahannya. Manajer tidak melakukan semua kegiatan sendiri, akan tetapi menyelesaikan tugas-tugas esensial melalui orang-orang lai. Mereka juga tidak sekedar  memberikan perintah, tetapi menciptakan iklim yang dapat membantu para bawahan melakukan pekerjaan secara paling baik.
  4. Pengawasan; para manajer berupaya untuk menjamin bahwa organisasi bergerak ke arah tujuan-tujuannya. Bila beberapa bagian organisasi ada pada jalur yang salah, menejer harus meluruskannya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa :
  1. Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai
  2. Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni
  3. Manajemen merupakan proses yang sistematis, terkordinasi, kooperatif dan terintegrasi dalam   memanfaatkan unsur-unsurnya.
  4. Manajemen baru bisa diterapkan jika ada dua orang atau lebih melakukan kerja sama dalam suatu organisasi.
  5. Manajemen harus didasarkan pada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab.
  6. Manajemen terdiri dari beberapa fungsi, Planning, Oraganizing, Directing, dan Controlling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar