Thank's For Your Visitor to Libas76ku.blogspot.com

Jumat, 18 Juni 2010

MACAM-MACAM BIAYA PENDIDIKAN

1). Biaya Langsung dan Tidak Langsung (Direct and Indirect Cost)
Biaya langsung (direct cost) diartikan sebagai pengeluaran uang yang secara langsung membiayai penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Anwar (1991:30).
Yang mencakup :
a. Biaya rutin (recurrent cost)
Yaitu biaya yang digunakan untuk membiayai kegiatan operasional pendidikan selama satu tahun anggaran.Biaya ini digunakan untuk menunjang pelaksanan program pengajaran, pembayaran gaji guru dan personil sekolah, administrasi kantor, pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana.
b. Biaya pembangunan (capital cost)
Yaitu biaya yang digunakan untuk pembelian tanah, pembangunan ruang kelas, perpustakaan, lapangan olah raga, konstruksi bangunan, pengadaan perlengkapan mobelair, biaya penggantian dan perbaikan..
2. Biaya Pribadi dan Biaya Masyarakat (Private and Social Cost)
Biaya pribadi (private cost)
Ialah biaya langsung yang dikeluarkan oleh keluarga dalam bentuk uang sekolah, uang kuliah, pembelian buku dan biaya hidup setiap siswa.
Biaya Masyarakat (Social cost)
Ialah biaya yang dikeluarkan masyarakat secara langsung dan tidak langsung. Biaya ini, berupa uang sekolah, uang buku, dan biaya lainnya.
3.Monetary and Non Monetary Cost
Monetery cost adalah semua bentuk pengeluaran dalam bentuk uang baik langsung maupun tidak langsung yang dikeluarkan untuk kegiatan pendidikan.
Non monetery cost adalah semua bentuk pengeluaran yang tidak dalam bentuk uang, meskipun dapat dinilai ke dalam bentuk uang, baik langsung maupun tidak langsung yang dikeluarkan untuk kegiatan pendidikan, misalnya materi, waktu, tenaga, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar